INFO

     » ==== Selamat Datang !! di Website Resmi Bidang Pendidikan Islam Kanwil Kementerian Agama Provinsi NT
Kamis, 15 Juni 2017 - 06:52:05 WIB
Juknis Penulisan Ijazah dan SKHUAMBN Madrasah TP.2016/2017

Diposting oleh : Administrator
Kategori: Madrasah - Dibaca: 99 kali

Dalam rangka meningkatkan ketepatan dan kebenaran dalam penulisan blanko ijazah dan SKHUAMBN yang merupakan salah satu dokumen negara yang diperoleh peserta didik setelah menyelesaikan pendidikan pada satuan pendidikan, Kementerian Agama RI melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam telah menerbitkan SK Dirjen Pendis Nomor 2094 Tahun 2017 yang mengatur terkait Petunjuk Teknis Penulisan Blanko Ijazah MI, MTs dan MA dan Sertifikat Hasil Ujian Akhir Madrasah Bersandar Nasional (SKHUAMBN) MTs dan MA untuk TP. 2016/2017.

Dalam Juknis ini disampaikan beberapa hal penting antara lain :

  1. Ijazah dan SKHUAMBN diterbitkan oleh satuan pendidikan yang TERAKREDITASI.
  2. Ijazah ditulis tangan dengan baik, benar, jelas dan rapi, mudah dibaca, dan bersih dengan menggunakan tinta warna hitam yang tidak mudah luntur dan tidak mudah dihapus.
  3. SHUAMBN ditulis tangan dan/atau komputer dengan tinta warna hitam
  4. Terdapat dua jenis blanko ijazah dan SKHUAMBN yakni, Blanko untuk madrasah yang menggunakan kurikulum 20006 dan madrasah yang menggunakan kurikulu 2013, yang dapat dibedakan sesuia kode yang tertera pada bagian bawah kanan dalam Blanko. Misalnya Kode MI-06 untuk jenjang MI dengan Kurikulum 2006 sedangkan kode MI-13 untuk jenjang MI dengan Kurikulum 2013.
  5. Bila terjadi kesalahan dalam penulisan, tidak diperbolehkan dicoret, ditimpa atau di Tipe-ex dan harus diganti dengan blanko yang baru (Untuk itu mohon teliti dalam penulisannya karena jumlah blanko yang terbatas)
  6. Balnko yang salah penulisan diserahkan kembali ke Kanwil Kementerian Agama Provinsi melalui Kemenag Kabupaten/Kota disertai dengan berita acara.
  7. Jika terdapat sisa blanko yang tidak digunakan, maka kepala madrasah harus mengembalikan sisa blanko tersebut ke Kanwil Kemenag Provinsi melalui Kemenag Kabupaten/Kota disertai dengan berita acara.
  8. Sisa blangko yang terdapat di Kanwil Kementerian Agama Provinsi dimusnahkan paling lambat 31 Desember 2017 dengan berita acara pemusnahan dokumen
  9. Jika terjadi kesalahan dalam penulisan blanko, sedangkan blangko cadangan tidak tersedia lagi, maka digantikan dengan Surat Keterangan Pengganti Ijazah yang berpenghargaan sama dengan ijazah.

Untuk lebih jelas, silahkan mendownload Juknis Penulisan Ijazah dan SKHUAMBN Madrasah TP.2016/2017 dan Edisi REVISInya.


   




0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)