INFO

Rabu, 06 September 2017 - 12:07:45 WIB
Anugerah Konstitusi Bagi Guru PKN Berprestasi Tahun 2017

Diposting oleh : Administrator
Kategori: Madrasah - Dibaca: 555 kali

Jakarta - Mahkamah Konstitusi bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Kementerian Agama RI, melaksanakan ajang kompetisi dan apresiasi bagi guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam bentuk pemberian anugerah konstitusi bagi guru PPKn berprestasi tingkat nasional tahun 2017. Dengan kegiatan ini, diharapkan dapat mendorong peningkatan semangat dan motivasi guru PPKn dalam melaksanakan tugasnya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Selain itu, juga diharapkan event ini dapat mendorong peningkatan budaya sadar berkonstitusi di kalangan guru-guru PPKn dan peserta didik khususnya dilingkungan sekolah/madrasah.

PESERTA

  1. Guru SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK baik PNS maupun Non PNS, yang bertugas pada satuan pendidikan dibawah pembinaan Kemnetreina Pendidikan dan Kebudayaan serta Kementerian Agama seluruh Indonesia.
  2. Melaksanakan tugas sebagai guru Pendidikan pancasila dan kewarganegaraan.

KRITERIA PENILAIAN

1. Guru PPKn  yang unggul/mumpuni  dilihat  dari kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional.

  • a. Kompetensi  pedagogik  tercermin  dari  tingkat  pemahaman  Guru PPKn  terhadap   peserta   didik,  perancangan   dan   pelaksanaan pembelajaran,  evaluasi  hasil  belajar,  dan  pengembangan  peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya.
  • b. Kompetensi kepribadian tercermin dari kemampuan personal, berupa kepribadian Guru PPKn yang mantap, stabil, dewasa, arif, dan berwibawa, menjadi teladan bagi peserta didik dan masyarakat, dan berakhlak mulia.
  • c. Kompetensi sosial tercermin dari kemampuan Guru PPKn untuk berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan peserta didik, sesama pendidik, tenaga kependidikan, orangtua/wali peserta didik, dan masyarakat sekitar.
  • d. Kompetensi profesional tercermin dari tingkat penguasaan materi pembelajaran secara luas dan mendalam oleh Guru PPKn, yang mencakup penguasaan materi kurikulum mata pelajaran di sekolah dan substansi keilmuan yang menaungi materinya, serta penguasaan terhadap struktur dan metodologi keilmuannya.

2. Guru  PPKn  yang  berhasil  melaksanakan  pendidikan  kesadaran berkonstitusi bagi peserta didik, teman sejawat, dan masyarakat dalam pengembangan profesi, serta berperan aktif di organisasi profesi pendidikan/ asosiasiprofesi.

3. Guru PPKn yang berhasil membimbing pembentukan sikap peserta didik hingga mencapai prestasi dan berhasil membentuk kesadaran berkonstitusi di berbagai kegiatan

4. Guru PPKn yang menghasilkan karya kreatif atau inovatif antara lain melalui:

  • a. Pembaruan  (inovasi)  dalam  pembelajaran  PPKn  (Perangkat Pembelajaran, Pendekatan/Strategi/Metode, media pembelajaran, sistem penilaian);
  • b. Penulisan buku, hasil kajian, evaluasi, penelitian, atau essay tentang PPKn.
  • c. Pembinaan kesadaran berkonstitusi di masyarakat, baik sebagai pribadi, melalui organisasi profesi, organisasi kemasyarakatan, maupun wadah lainnya

PERSYARATAN ADMINISTRATIF

  1. Mempunyai kualifikasi Akademik paling kurang S1/DIV.
  2. Guru PPKn atau Guru kelas untuk SD/MI yang berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN) atau bukan ASN (GTY) serta tidak  sedang  mendapat tugas tambahan sebagai kepala sekolah atau sedang dalam proses pengangkatan sebagai kepala sekolah atau sedang dalam transisi alih tugas ke unit kerja lainnya.
  3. Mempunyai masa kerja sebagai Guru PPKn dan/atau Guru kelas untuk SD/MI sekurang-kurangnya 3 (tiga) tahun yang dibuktikan dengan SK Pengangkatan atau Surat Penugasan dari Penyelenggara Pendidikan/Kepala Sekolahdengan melampirkan bukti fisik.
  4. Aktif melaksanakan proses pembelajaran PPKn, dibuktikan dengan surat penugasan dari Kepala Sekolah.
  5. Belum   pernah   menerima   penghargaan   Anugerah   Konstitusi   dari Mahkamah Konstitusi.
  6. Belum pernah dikenai hukuman disiplin atau tidak dalam proses pemeriksaan   pelanggaran   disiplin  (surat   keterangan   dari   Kepala Sekolah)  dengan  diketahui  oleh  Kepala  Cabang  Dinas/UPTD  atau Kepala Dinas Pendidikan atau Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota

MEKANISME PENYELENGGARAAN

1. Guru PPKn calon penerima penghargaan melengkapi dokumen portofolio, deskripsi/evaluasi diri dan karya tulis/bestpractice/inovasi pembelajaran PPKn dan mengirimkan dokumen tersebut ke Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota (SD dan SMP), Dinas Pendidikan Provinsi (SMA/SMK) atau Kantor Wilayah Kementerian Agama di tingkat provinsi (MI, MTs, MA/MAK).

2.  Tingkat Kabupaten/Kota dan Provinsi :

  • a. Menyeleksi peserta Anugerah Konstitusi tingkat Provinsi didasarkan pada kompetensi dan prestasi yang dicapai melalui penilaian dokumen portofolio, deskripsi/evaluasi diri dan karya tulis ilmiah (rambu-rambu penilaian dokumen terlampir dalam pedoman ini).
  • b. Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota menetapkan 2 Guru PPKn sebagai nominasi Anugerah Konstitusi yang terdiri dari 1 Guru SD dan 1 Guru SMP.
  • c. Dinas Pendidikan Provinsi menetapkan 1 Guru PPKn sebagai nominasi  Anugerah Konstitusi yaitu 1 Guru SMA/SMK.
  • d. Kanwil Kementerian Agama Provinsi menetapkan 3 Guru PPKn sebagai nominasi Anugerah Konstitusi yang terdiri dari 1 Guru MI, 1 Guru MTs, 1 Guru MA/MAK.
  • e. Mengirimkan nama nominasi Anugerah Konstitusi Tingkat Kabupaten Kota/Provinsi beserta dokumennya untuk diikutsertakan sebagai peserta Anugerah Konstitusi Tingkat Nasional kepada Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau Sekretariat Jenderal Kementerian Agama/Direktorat Jenderal Pendidikan Agama Islam sesuai kewenangan masing-masing.

3.  Tingkat Nasional/Kementerian :

  • a. Masing–masing Kementerian menilai dokumen peserta Anugerah Konstitusi Tingkat Nasional didasarkan pada kompetensi dan prestasi yang dicapai melalui penilaian dokumen portofolio, deskripsi/evaluasi diri dan karya tulis ilmiah (rambu-rambu penilaian terlampir dalam pedoman ini).
  • b. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan  menetapkan 18 orang Guru sebagai finalis terdiri atas 6 Guru SD, 6 Guru PPKn SMP dan 6 Guru PPKn SMA/SMK dari seluruh provinsi di Indonesia.
  • c. Setjen Kemenag/Ditjen Pendis, Kementerian Agama menetapkan 18 orang Guru sebagai finalis terdiri atas 6 Guru MI, 6 Guru PPKn MTs, dan 6 Guru PPKn MA/MAK dari seluruh provinsi di Indonesia.
  • d. Mengusulkan  nama-nama  finalis  ke  Menteri  Pendidikan  dan Kebudayaan atau Menteri Agama, sesuai kewenangan masing- masing untuk ditetapkan.

4.  Seleksi Grand Final

  • a. Mahkamah Konstitusi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Kementerian  Agama  melakukan seleksi terhadap  36  grand  finalis Anugerah  Konstitusi  Tingkat  Nasional  melalui  karya  tulis  ilmiah, penilaian tes tertulis dan wawancara.
  • b. Mahkamah Konstitusi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Kementerian Agama mengusulkan Peringkat I, II dan III Tingkat Nasional untuk masing-masing jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA/MAK untuk ditetapkan.

5.  Penetapan Pemenang Anugerah Konstitusi 2017

  • a. Ketua Mahkamah Konstitusi, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dan Menteri Agama menetapkan penerima penghargaan Anugerah Konstitusi bagi Guru PPKn Berprestasi tingkat Nasional.
  • b. Ketua  Mahkamah  Konstitusi  memberikan  penghargaan  Anugerah Konstitusi bagi Guru PPKn Berperstasi tingkat Nasional

JADWAL PELAKSANAAN

Seleksi peserta Anugerah Konstitusi dilaksanakan secara berjenjang mulai dari tingkat Provinsi sampai dengan tingkat Nasional yang dimulai pada bulan Mei sampai dengan Oktober 2017 dengan rincian sebagai berikut :

a. Seleksi tingkat provinsi : September 2017

b. Pemanggilan Peserta Finalis : 25 Oktober 2017

c. Seleksi Grand Final (Ter Tertulis, wawancara dan prestasi) : 6-7 November 2017

d. Pendidikan dan Pelatihan dengan Finalis : 8 - 10 November 2017

e. Puncak Anugerah Konstitusi : 10 November 2017

Untuk informasi lebih lengkap, silahkan unduh Pedoman Penyelenggaraan Anugrah Konstitusi bagi Guru PPKn Berprestasi tahun 2017, DISINI


   




0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)