INFO

Jumat, 09 Februari 2018 - 12:25:02 WIB
Ayo Ikuti SNPDB MAN Insan Cendekia dan MAN Program Keagamaan TP.2018/2019

Diposting oleh : Administrator
Kategori: Madrasah - Dibaca: 66 kali

Kementerian Agama menerapkan Sistem Seleksi Nasional Peserta Didik Baru MAN Insan Cendekia dan MAN Program Keagamaan (SNPDB MAN IC dan MAN PK).  SNPDB MAN IC dan MAN PK ini merupakan salah satu instrumen untuk menjaring calon peserta didik yang potensial ditinjau dari sisi akademik, kepribadian, dan kesehatan, sehingga diharapkan dapat mengikuti pendidikan secara optimal di madrasah dengan sistem berasrama. Di samping itu, SNPDB MAN IC dan MAN PK Tahun Pelajaran 2018/2019 diharapkan dapat menjaring peserta didik yang berpotensi, yang dapat dilihat dari beberapa indikator: potensi dasar peserta didik, kemampuan verbal, kemampuan numerik, kemampuan analitis, kemampuan menyerap informasi, kemampuan adaptasi, daya juang, dan kepribadian yang baik serta tes akademik yang meliputi tes bidang studi: Matematika, IPA (Fisika dan Biologi), Bahasa Inggris, Pendidikan Agama Islam, dan Bahasa Arab.

Tujuan SNPDB MAN IC dan MAN PK Tahun Pelajaran 2018/2019 ini adalah:

  1. Memberikan kesempatan kepada lulusan terbaik MTs/SMP negeri dan swasta untuk mendapatkan pendidikan yang bermutu di MAN Insan Cendekia atau MAN Program Keagamaan.
  2. Memberikan peluang kepada MAN Insan Cendekia dan MAN Program Keagamaan untuk menjaring calon peserta didik baru yang memiliki potensi kecerdasan yang tinggi dan berkualitas di bidang akademik, keimanan, dan ketakwaan serta mempunyai wawasan kebangsaan yang tinggi.

JADWAL PELAKSANAAN :

Informasi dan Sosialisasi : 01 - 28 Februari 2018

Pendaftaran Online : 01 - 28 Februari 2018

Seleksi Berkas : 02 Februari - 3 Maret 2018

Pengumuman Kelulusan Jalur Prestasi : 8 Maret 2018

Pengumuman Peserta Tes Tertulis : 15 Maret 2018

Seleksi Wawancara (Khusus MAN Program keagamaan) : 23 - 25 Maret 2018

Pelaksanaan Tes Tertulis : 24 Maret 2018

Pengumuman Kelulusan : 18 April 2018

Daftar Ulang : 19 - 27 April 2018

Awal Masuk Sekolah / Asrama : 14 Juli 2018

PERSYARATAN PENDAFTARAN :

Persyaratan Umum Jalur Tes
1. Peserta didik kelas IX MTs/SMP pada tahun pelajaran 2017/2018.
2. Berusia maksimal 17 tahun pada 1 Juli 2017
3. Pada semester 1 kelas IX tahun pelajaran 2017/2018 merupakan peserta didik terbaik pada madrasah/sekolah berdasarkan pertimbangan dan rekomendasi kepala madrasah/sekolah asal (surat rekomendasi dibuat secara kolektif oleh kepala madrasah/sekolah asal peserta didik) dengan ketentuan sebagai berikut :
a. Madrasah/Sekolah yang memiliki rombongan belajar 1-5 kelas, dapat mengirimkan peserta maksimal 15 orang peserta didik berdasarkan rekomendasi dari kepala madrasah/sekolah. (Jika Madrasah/Sekolah berada di Provinsi Setempat)
b. Madrasah/Sekolah yang memiliki rombongan belajar > 5 kelas, dapat mengirimkan peserta maksimal 30 orang peserta didik berdasarkan rekomendasi dari kepala madrasah/sekolah. (Jika Madrasah/Sekolah berada di Provinsi Setempat)
c. Madrasah/Sekolah yang memiliki rombongan belajar 1-5 kelas, dapat mengirimkan peserta maksimal 10 orang peserta didik berdasarkan rekomendasi dari kepala madrasah/sekolah. (Jika Madrasah/Sekolah berada diluar Provinsi Setempat)
d. Madrasah/Sekolah yang memiliki rombongan belajar > 5 kelas, dapat mengirimkan peserta maksimal 20 orang peserta didik berdasarkan rekomendasi dari kepala madrasah/sekolah. (Jika Madrasah/Sekolah berada diluar Provinsi Setempat)
* Rombongan belajar adalah jumlah total kelas IX pada madrasah/sekolah tahun pelajaran 2017/2018 termasuk di dalamnya kelas reguler, kelas unggulan, dan kelas akselerasi.
e. Khusus pendaftar yang memiliki hafalan Al-Qur’an minimal 10 juz dan atau berprestasi dalam MTQ tingkat Propinsi atau Nasional, dapat diberikan rekomendasi/surat keterangan dari Kepala Madrasah/Sekolah asal peserta didik secara individu. 

PERSYARATAN KHUSUS JALUR PRESTASI
Pendaftar yang mempunyai prestasi akademik dibidang sains pada tingkat nasional dan atau internasional diberikan kesempatan untuk menjadi peserta didik pada Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia dan Madrasah Aliyah Negeri Program Keagamaan melalui jalur prestasi tanpa melalui tes akademik dan tes potensi belajar apabila memenuhi kriteria sebagai berikut :

Persyaratan Jalur Prestasi

  1. Peraih medali emas pada Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Nasional yang diselenggarakan Kementerian Agama atau Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dengan melampirkan bukti prestasinya.
  2. Peraih medali emas pada lomba olimpiade sains tingkat internasional dengan melampirkan bukti prestasinya.

CARA PENDAFTARAN
Calon peserta SNPDB dapat melakukan pendaftaran online melalui alamat :

https://madrasah.kemenag.go.id/snpdb2018 lalu Pilih Menu SNPDB Online, Pilih MAN Insan Cendekia untuk mendaftar di MAN IC dan Pilih MAN Program Keagamaan (MAN PK) untuk mendaftar di MAN PK. Atau bisa juga pilih Tombol Registrasi MAN IC atau MAN PK pada Pojok kanan atas website pendaftaran: 

LANGKAH PENDAFTARAN SNPDB ONLINE

1. Daftar dan Mengisi Formulir SNPDB

Untuk dapat melakukan pendaftaraan SNPDB secara online, peserta diharuskan untuk membuat akun SNPDB Online. Pembuatan akun SNPDB Online menggunakan Email, Password, NPSN Madrasah/Sekolah pendaftar dan Nomor Induk Kependudukan (NIK) Siswa Pendaftar.  Mengisi Formulir SNPDB Setelah akun dibuat, tahap selanjutnya adalah mengisi formulir SNPDB. Formulir SNPDB berisi mengenai informasi data diri peserta SNPDB Online secara lengkap.

2. Memilih Jalur Pendaftaran SNPDB Online

Terdapat tiga jalur pada SNPDB Online, yaitu Jalur Tes/Reguler, Jalur Luar Negeri dan Jalur Prestasi. Terdapat dua tipe jalur tes, yaitu Jalur Reguler dan juga Jalur Luar Negeri. Sedangkan Jalur Prestasi merupakan jalur tanpa tes, apabila peserta dinyatakan memenuhi persyaratan sebagai siswa berprestasi, maka akan diterima ke MAN Insan Cendekia / MAN Program Keagamaan secara langsung.

3. Input Madrasah/Sekolah Asal

Peserta mengisi data mengenai asal madrasah/sekolah sesuai form yang ada. Bagi peserta yang memilih Jalur Luar Negeri akan diminta untuk mengupload Scan Paspor. Sedangkan bagi peserta yang memilih Jalur Prestasi akan mengupload Piagam/Sertifikat mengenai data prestasi yang telah dicapai dan mengupload Surat Keterangan mengenai data Tahfiz/hafalan Al- Quran

4. Memilih MAN Insan Cendekia/MAN Program Keagamaan

Peserta memilih MAN Insan Cendekia/MAN Program Keagamaan sesuai kehendaknya, maksimum 2 lokasi.

5. Input Nilai Rapor Semester 1-5 

Pada tahap ini peserta meng-input nilai rapor pada semester 1-5 dari madrasah atau sekolah asal. Nilai yang diinputkan mengguanakan skala 0-100. Apabila nilai rapor dari madrasah atau sekolah asal menggunakan skala 1-4, maka diperlukan untuk konversi skala nilai adri skala 1-4 menjadi 0-100. Konversi dapat nilai dilakukan oleh madrasah atau sekolah asal.

6. Upload Dokumen

Secara umum terdapat 4 dokumen yang harus diupload, yaitu upload pas foto, upload rapor kelas IX semester 1 (gasal), upload akta kelahiran dan juga Surat Rekomendasi. Bagi calon peserta kurang mampu akan diminta upload bukti Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), Kartu Program Keluarga Harapan (PKH), atau kartu Indonesia Pintar (KIP) dalam bentuk JPG/PNG sesuai kartu yang dimiliki. Dalam menu ini peserta juga diwajibkan untuk upload Piagam Prestasi dan Surat Keterangan Hafal Al-Qur’an dari madrasah atau sekolah asal bagi pendaftar yang melalui Jalur Prestasi. Sedangkan untuk pendaftar yang melalui Jalur Luar Negeri wajib upload Scan Paspor.

7. Memilih Lokasi Tes

Memilih lokasi dilaksanakannya tes SNPDB.  

8. Cetak Bukti Pendaftaran

Jika seluruh formulir telah diisikan dengan baik dan benar, maka peserta dapat mencetak bukti pendaftaran sebagai bukti telah terdaftar dalam SNPDB Online.
 
9. Pengumuman

Pada menu ini pendaftar SNPDB dapat melihat hasil seleksi kelulusan berkas dan mencetak Kartu Tes Ujian Tertulis jika dinyatakan Lulus Berkas. Selain itu dimenu ini pula pendaftar SNPDB bisa melihat pengumuman hasil tes selanjutnya. 

Informasi Selengkapnya dapat dilihat pada panduan SNPDB Tahun 2018 yang dapat didownload disini.


   




0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)